Executive Summary

Posted by Unknown on 09.28.00 with No comments
A. EXECUTIVE SUMMARY

            Sekilas tentang bisnis ini,bisnis yang saya ingin kembangkan yaitu dalam bidang jasa dimana memberikan pelayanan dalam penjualan barang kerjinan asli indonesia. Awalnya ide ini mungkin dianggap aneh dan belum banyak terfikir oleh orang lain dan saya berharap dengan adanya ide ini
batik.jpg bisa membuat masyarakat mau menjaga budaya .Dalam bisnis ini saya pribadi hanya bertanggung jawab atas distribusi kerjinan yang ada di komplek bahkan sebuah kota. Mulanya tugas saya disini yaitu mengunjungi komplek perumahan yang ada dan mendatangi satu per satu rumah yang ada di komplek itu untuk memberikan maksud kedatangan saya untuk menerangkan bahwa saya pribadi ingin berkontribusi atas  kerajinan ini yang tidak diharaukan pemerintah.
Disini bukan saya yang langsung bekerja mengambil barang kerajinan tersebut tapi saya memperkerjakan orang yang belum memiliki pekerjaan. Selain memberdayakan masyarakat yang memiliki keahlian saya dan tim juga mengingingkan goal bahwa masyarakat Indonesia harus siap dalam menghadapi MEA yang mana kita sebagai warga Negara di tuntut untuk lebih aktif menjalankan bisnis sendiri atau menciptakan wirausaha.

batik.jpg
B. PENDAHULUAN
Bisnis ini merupakan ide yang datang secara tiba-tiba dan memiliki stimulasi yang begitu kuat. Ide ini muncul ketika saya dan tim saya memikirkan ide bisnis karena kita memiliki pandangan kedepan di mana kita akan menghadapi pasar bebas.
Pada 2016 mendatang telah disepakatibatik.jpg bahwa president Indonesia saat ini menandatangani perjanjian yang dimana inti dari perjanjian tersebut adalah boleh dengan bebasnya Warga Negara Luar untuk bekerja di Indonesia dan masyarakat Indonesia bebas berkarya untuk bekerja diluar negeri. Jadi masyarakat Indonesia sekarang tidak hanya di tuntut untuk menunggu pemerintah bergerak tetapi masyarakat itu sendiri harus mandiri menciptakan peluang usaha.
Itulah yang melatar belakangi kami bergerak untuk membuat suatu usaha dagang pemberdaya masyarakat, agar masyarakat ini lebih aktif, dan tidak bingung untuk memasarkan produk kebangsaannya. Oleh karena itu kami hadir, tergerak hati kami berserta tim untuk menciptakan suatu “Kooperasi Pemberdaya”. Dimana kami mengusung produk-produk kerajinan tangan Indonesia yang akhir-akhir ini tergerus oleh zaman.
Maka dari itu saya dan tim saya berusaha mengembangkan bisnis ini sekuat tenaga dan sebisa mungkin mengembangkannya. Di mana dalam pemikiran kita ini bisa membantu pengrajin kecil dan bisa membantu devisa Negara melalui penjualan produk dalam negri agar bisa bersaing di pasar bebas.
Selain itu bisnis ini memberikan ekspektasi yang menjanjikan untuk kedepannya,jika usaha ini di mulai dari sekarang supaya untuk kedepan akan lebih mudah untuk mengembangkannya.
batik.jpg
C. TUJUAN
Tujuan dari bisnis ini adalah untuk menanggulangi masalah produk buatan dalam negri yang sangat tertinggal dengan produk luar lainnya, dengan adanya bisnis ini di harapkan dapat membantbatik.jpgu bergai pihak dalam masalah produk dalam negri yang di anggap kurang kompetitif tapi bisa di jadikan bisnis yang tepat, manfaat bagi saya sendiri untuk berkontribusi dalam menanggulangi masalah pemasaran produk dalam negri. Dan dapat pula menciptakan lapangan kerja baru, bisnis ini tidak perlu dengan modal yang besar tapi dengan prospek yang menjanjikan.
            Bisnis ini merupakan bisnis dalam bidang Jasa, yang memberikan pelayanan atas produk dalam negri yang menjadi masalah besar selama ini. Bisnis ini sangat beda dari yang lain karna saya berpikir belum ada satu orang pun yang memikirkan ide bisnis ini karna bisnis masih tabu untuk di perbincangkan dan hanya mengundang ejekan dari berbagai pihak. Tapi saya akan membuktikan bahwa bisnis ini layak untuk di kembangkan dan akan menjadi besar berkat keyakinan dan kerja keras.
Keunggulan dari bisnis ini adalah :
a.  Belum banyak diminati kalangan orang banyak
b.  Resiko yang minim
c.   Modal yang sedikit
d.   Tidak memerlukan lokasi usaha.
f.   Tidak memmbutuhkan spesifikasi keahlian khusus untuk tenaga kerjanya


batik.jpg
D. GAMBARAN UMUM BISNIS
batik.jpg
Visi :
Turut berpartisipasi dalam mempersiapkan Masyarakat Economic Asean, dan menjadi pelopor penjualan kerajinan asli Indonesia agar dapat bersaing di kanca International

Misi :
Memberikan layanan wadah yang dapat menjadi sarana menjual dalam pendistribusian kerajinan asli Indonesia yang akan membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan hidup melalui seni asli Indonesia.

Segment Pasar :
Segmen pasar yang dibidik adalah :
a. Tempat wisata
b. Toko souvenir
c. Tempat galeri
d. Expo
e. Ekpor
Dari segmentasi pasar yang kecil kami akan mulai mengeksplore penjualan, diikuti dengan segmentasi pasar yang semakin tinggi hingga sebuah pencapain yang lebih tinggi yaitu pasar international.

batik.jpg
Profit Bisnis :

Profit yang di dapat bisnis ini dari penjualan kerajinan asli indonesia antara pengrajin dengan PT.PENGRAJIN GROUP yang mana sebelumnya telah menyatakan ingin bekerjasama untuk mendi
batik.jpgstribusikan kerjainan yang mereka buat.

Deferensiasi Bisnis Bidang-Bidang :

Berbagai bisnis seperti ini mungkin sudah mulai berkembang di Indonesia saat ini, tapi yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain yaitu adanya sebuah kongsi dagang dalam proses penjualan yang menerapkan prinsip “we have all you want”, sehingga kami secara tidak langsung menjadi media perantara sekaligus pembuat lapangan kerja.


batik.jpg
E. POTENSI BISNIS

1. Kondisi Pasar Bisnis
Pertumbuhan bisnis penujualan kerajinan terlihat belum berkembang begitu pesat di Indonesia, hal ini menjad
batik.jpgi suatu tantangan dan sekaligus peluang bisnis. Permintaan pasar yang besar terhadap kerajinan seiring terus berkembangannya design dan interior membawa perubahan sebuah pola pikir di masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant. Dan merubah aspek kehidupan yang tadinya tradisional menjadi mobile.
Hal ini dapat di lihat langsung misalnya; terus berkembangannya teknologi bagi penjualan Penjelasan di atas adalah menjadi peluang bisnis dalam hal memfasilitasi para pengrajin. Peluang bisnis ini semakin terbuka lebar mengingat perkembangan bisnis yang serupa belum begitu berkembang di sekitar kita.

2. Persaingan Saat Ini
Belum begitu banyak persaingan yang berarti dalam bisnis ini, mungkin yang perlu di waspadai dalam bisnis ini adalah harusnya adanya long commitment dalam upaya terus mengembangkan ide dan pengembangan untuk selalu mencari pengrajin sera penyuluhan agar banyak masyarakat yang berpartisipasi.


batik.jpg
F. RENCANA BISNIS

Targe
batik.jpgt Bisnis :
·         Membantu memfasilitasi pengrajin dalam membuat kesenian untuk menjaga warisan leluhur.
·         Memberikan peluang mengenai penggunaan penjualan bagi hasil kerajinan yang masyarakat buat.
·         Menjadikan perusahaan ini sebagai pusat distributor penjualan yang menjadi sasaran konsumen dalam mencari kesenian Indonesia
Strategi Bisnis :
·          Tahap awal membuka bisnis ini dengan membuka jaringan kerjasama yang luas dengan masyarakat umum dan media umum.
·         Memberikan promosi bagi konsumen yang mau membeli produk ini agar lebih berkembang dan dikenal
·         Mengumpulkan pengrajin professional
·         Menjalin kerjasama dengan pengrajin professional di bidang seni seperti ; lukis, kalkir, jahit, dan lain sebagainya.
·         Pelayanan yang nyaman serta terpadu dengan mengoptimalkan kualitas produk ditunjang oleh komitmen dalam masalah waktu yang sesuai dengan perjanjian.
·         Promosi bisnis yang terus berkembang dengan membuka website yang dapat memfasilitasi konsumen untuk mendapatkan segala informasi tentang perusahaan ini.

batik.jpg
Resiko :
·          Resiko terbesar adalah dana awal lumayan besar, mengingat modal tim batik.jpgterbatas karna kami adalah seorang mahasiswa.
·          Menjamurnya pekerja seni yang abal-abal yang mungkin akan merusak citra seni Indonesia.
·          Perubahan teknologi yang semakin cepat sehingga para pengrajin juga harus lebih kreatif dan membriefing keinginan konsumen.
Antisipasi Resiko
·         Kerjasama dengan tawaran yang menarik.
·         Memperluas kerjasama.
·         Mencari tenaga ahli dengan gaji sesuai.


batik.jpg
G. TAWAbatik.jpgRAN INVESTASI DAN KERJASAMA

1. Sistem Kerjasama

a. Penawaran Kerjasama
Kami Pihak Management Perusahaan “PT.PENGRAJIN GROUP” bermaksud menawarkan kerjasama kepada Para pengrajin yang selama ini  telah bersusah payah menjaga warisan budaya dan kurang diperhatikan oleh pemerintah. Kami hadir sebagai wadah bagi bapak ibu sekalian
·         20 Seni Perbulan
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 75%.
·          >10 Seni Perbulan
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 70%.
·         <10 Seni Perbulan
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 65%.

batik.jpg

2. Investasi modal :

Mencari para investor yang ingin menanamkan modal di perusahaan ini dengan memperoleh bagi hasil kompensasi laba di akhir periode tutup buku per akhir bulan atau per akhir tahun.

a. Data Finansial
Rancangan anggaran
batik.jpgdana awal (modal) : Rp.40.000.000,00
Pinjaman : Rp. 60.000.000,00
Rp.100.000.000,00

b.Infrastruktur
Sewa Bangunan Office: Rp. 45.000.000,00
Komputer 6 buah; : Rp. 25.000.000,00
Kamera, dll. : Rp. 15.000.000,00
Rp. 85.000.000,00

c. Biaya operasional awal
Promosi Perusahaan : Rp. 5.000.000,00
Gaji Karyawan : Rp.10.000.000,00
Rp. 15.000.000,00

Sisa Rp. 0,00


batik.jpg
batik.jpgH. PENUTUP

Besar harapan kami tim dari PT. PENGRAJIN GROUP agar bapak dan ibu dapat ikut mengembangkan perusahaan dengan menanamkan modal nya.
Karena secara tidak langsung kita sebagai warga Negara akan segera ikut membuat negeri INDONESIA ini lebih berkelas lagi dimata dunia, tidak dipandang sebagai pengekor budaya tetapi pelopor budaya.
Mari kita bersama-sama merebut salah satu hak kemerdekaan yaitu Negara tersebut harus dikenal oleh Negara lain.


batik.jpg