Executive Summary
Posted by Unknown on 09.28.00 with No comments
A. EXECUTIVE
SUMMARY
Sekilas tentang bisnis ini,bisnis yang saya ingin kembangkan yaitu dalam bidang jasa dimana memberikan pelayanan dalam penjualan barang kerjinan asli indonesia. Awalnya ide ini mungkin dianggap aneh dan belum banyak terfikir oleh orang lain dan saya berharap dengan adanya ide ini bisa membuat masyarakat mau menjaga budaya .Dalam bisnis ini saya pribadi hanya bertanggung jawab atas distribusi kerjinan yang ada di komplek bahkan sebuah kota. Mulanya tugas saya disini yaitu mengunjungi komplek perumahan yang ada dan mendatangi satu per satu rumah yang ada di komplek itu untuk memberikan maksud kedatangan saya untuk menerangkan bahwa saya pribadi ingin berkontribusi atas kerajinan ini yang tidak diharaukan pemerintah.
Disini bukan saya yang
langsung bekerja mengambil barang kerajinan tersebut tapi saya memperkerjakan
orang yang belum memiliki pekerjaan. Selain memberdayakan masyarakat yang
memiliki keahlian saya dan tim juga mengingingkan goal bahwa masyarakat
Indonesia harus siap dalam menghadapi MEA yang mana kita sebagai warga Negara
di tuntut untuk lebih aktif menjalankan bisnis sendiri atau menciptakan
wirausaha.
B. PENDAHULUAN
Bisnis ini merupakan ide yang datang secara tiba-tiba
dan memiliki stimulasi yang begitu kuat. Ide ini muncul ketika saya dan tim
saya memikirkan ide bisnis karena kita memiliki pandangan kedepan di mana kita
akan menghadapi pasar bebas.
Pada 2016 mendatang telah disepakati bahwa president Indonesia saat ini
menandatangani perjanjian yang dimana inti dari perjanjian tersebut adalah
boleh dengan bebasnya Warga Negara Luar untuk bekerja di Indonesia dan
masyarakat Indonesia bebas berkarya untuk bekerja diluar negeri. Jadi
masyarakat Indonesia sekarang tidak hanya di tuntut untuk menunggu pemerintah
bergerak tetapi masyarakat itu sendiri harus mandiri menciptakan peluang usaha.
Itulah yang melatar belakangi kami bergerak untuk
membuat suatu usaha dagang pemberdaya masyarakat, agar masyarakat ini lebih
aktif, dan tidak bingung untuk memasarkan produk kebangsaannya. Oleh karena itu
kami hadir, tergerak hati kami berserta tim untuk menciptakan suatu “Kooperasi
Pemberdaya”. Dimana kami mengusung produk-produk kerajinan tangan Indonesia
yang akhir-akhir ini tergerus oleh zaman.
Maka dari itu saya dan tim saya berusaha mengembangkan
bisnis ini sekuat tenaga dan sebisa mungkin mengembangkannya. Di mana dalam
pemikiran kita ini bisa membantu pengrajin kecil dan bisa membantu devisa
Negara melalui penjualan produk dalam negri agar bisa bersaing di pasar bebas.
Selain itu bisnis ini
memberikan ekspektasi yang menjanjikan untuk kedepannya,jika usaha ini di mulai
dari sekarang supaya untuk kedepan akan lebih mudah untuk mengembangkannya.
C. TUJUAN
Tujuan dari bisnis ini
adalah untuk menanggulangi masalah produk buatan dalam negri yang sangat
tertinggal dengan produk luar lainnya, dengan adanya bisnis ini di harapkan
dapat membantu bergai pihak dalam masalah produk dalam negri
yang di anggap kurang kompetitif tapi bisa di jadikan bisnis yang tepat,
manfaat bagi saya sendiri untuk berkontribusi dalam menanggulangi masalah
pemasaran produk dalam negri. Dan dapat pula menciptakan lapangan kerja baru,
bisnis ini tidak perlu dengan modal yang besar tapi dengan prospek yang
menjanjikan.
Bisnis ini merupakan bisnis dalam bidang Jasa, yang memberikan pelayanan atas produk dalam negri yang menjadi masalah besar selama ini. Bisnis ini sangat beda dari yang lain karna saya berpikir belum ada satu orang pun yang memikirkan ide bisnis ini karna bisnis masih tabu untuk di perbincangkan dan hanya mengundang ejekan dari berbagai pihak. Tapi saya akan membuktikan bahwa bisnis ini layak untuk di kembangkan dan akan menjadi besar berkat keyakinan dan kerja keras.
Bisnis ini merupakan bisnis dalam bidang Jasa, yang memberikan pelayanan atas produk dalam negri yang menjadi masalah besar selama ini. Bisnis ini sangat beda dari yang lain karna saya berpikir belum ada satu orang pun yang memikirkan ide bisnis ini karna bisnis masih tabu untuk di perbincangkan dan hanya mengundang ejekan dari berbagai pihak. Tapi saya akan membuktikan bahwa bisnis ini layak untuk di kembangkan dan akan menjadi besar berkat keyakinan dan kerja keras.
Keunggulan dari bisnis ini adalah :
a. Belum banyak diminati kalangan orang banyak
b. Resiko yang minim
c. Modal yang sedikit
d. Tidak memerlukan lokasi usaha.
f. Tidak memmbutuhkan spesifikasi keahlian khusus untuk tenaga kerjanya
a. Belum banyak diminati kalangan orang banyak
b. Resiko yang minim
c. Modal yang sedikit
d. Tidak memerlukan lokasi usaha.
f. Tidak memmbutuhkan spesifikasi keahlian khusus untuk tenaga kerjanya
D. GAMBARAN UMUM
BISNIS
Visi :
Turut berpartisipasi dalam mempersiapkan Masyarakat Economic Asean, dan menjadi pelopor penjualan kerajinan asli Indonesia agar dapat bersaing di kanca International
Misi :
Memberikan layanan wadah yang dapat menjadi sarana menjual dalam pendistribusian kerajinan asli Indonesia yang akan membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan hidup melalui seni asli Indonesia.
Segment Pasar :
Segmen pasar yang dibidik adalah :
a. Tempat wisata
Visi :
Turut berpartisipasi dalam mempersiapkan Masyarakat Economic Asean, dan menjadi pelopor penjualan kerajinan asli Indonesia agar dapat bersaing di kanca International
Misi :
Memberikan layanan wadah yang dapat menjadi sarana menjual dalam pendistribusian kerajinan asli Indonesia yang akan membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan hidup melalui seni asli Indonesia.
Segment Pasar :
Segmen pasar yang dibidik adalah :
a. Tempat wisata
b. Toko souvenir
c. Tempat galeri
d. Expo
e. Ekpor
Dari segmentasi
pasar yang kecil kami akan mulai mengeksplore penjualan, diikuti dengan
segmentasi pasar yang semakin tinggi hingga sebuah pencapain yang lebih tinggi
yaitu pasar international.
Profit Bisnis :
Profit yang di dapat bisnis ini dari penjualan kerajinan asli indonesia antara pengrajin dengan PT.PENGRAJIN GROUP yang mana sebelumnya telah menyatakan ingin bekerjasama untuk mendistribusikan kerjainan yang mereka buat.
Deferensiasi Bisnis Bidang-Bidang :
Berbagai bisnis seperti ini mungkin sudah mulai berkembang di Indonesia saat ini, tapi yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain yaitu adanya sebuah kongsi dagang dalam proses penjualan yang menerapkan prinsip “we have all you want”, sehingga kami secara tidak langsung menjadi media perantara sekaligus pembuat lapangan kerja.
Profit yang di dapat bisnis ini dari penjualan kerajinan asli indonesia antara pengrajin dengan PT.PENGRAJIN GROUP yang mana sebelumnya telah menyatakan ingin bekerjasama untuk mendistribusikan kerjainan yang mereka buat.
Deferensiasi Bisnis Bidang-Bidang :
Berbagai bisnis seperti ini mungkin sudah mulai berkembang di Indonesia saat ini, tapi yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain yaitu adanya sebuah kongsi dagang dalam proses penjualan yang menerapkan prinsip “we have all you want”, sehingga kami secara tidak langsung menjadi media perantara sekaligus pembuat lapangan kerja.
E. POTENSI BISNIS
1. Kondisi Pasar Bisnis
Pertumbuhan bisnis penujualan kerajinan terlihat belum berkembang begitu pesat di Indonesia, hal ini menjadi suatu tantangan dan sekaligus peluang bisnis. Permintaan pasar yang besar terhadap kerajinan seiring terus berkembangannya design dan interior membawa perubahan sebuah pola pikir di masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant. Dan merubah aspek kehidupan yang tadinya tradisional menjadi mobile.
1. Kondisi Pasar Bisnis
Pertumbuhan bisnis penujualan kerajinan terlihat belum berkembang begitu pesat di Indonesia, hal ini menjadi suatu tantangan dan sekaligus peluang bisnis. Permintaan pasar yang besar terhadap kerajinan seiring terus berkembangannya design dan interior membawa perubahan sebuah pola pikir di masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant. Dan merubah aspek kehidupan yang tadinya tradisional menjadi mobile.
Hal ini dapat di
lihat langsung misalnya; terus berkembangannya teknologi bagi penjualan Penjelasan
di atas adalah menjadi peluang bisnis dalam hal memfasilitasi para pengrajin.
Peluang bisnis ini semakin terbuka lebar mengingat perkembangan bisnis yang
serupa belum begitu berkembang di sekitar kita.
2. Persaingan Saat Ini
Belum begitu banyak persaingan yang berarti dalam bisnis ini, mungkin yang perlu di waspadai dalam bisnis ini adalah harusnya adanya long commitment dalam upaya terus mengembangkan ide dan pengembangan untuk selalu mencari pengrajin sera penyuluhan agar banyak masyarakat yang berpartisipasi.
2. Persaingan Saat Ini
Belum begitu banyak persaingan yang berarti dalam bisnis ini, mungkin yang perlu di waspadai dalam bisnis ini adalah harusnya adanya long commitment dalam upaya terus mengembangkan ide dan pengembangan untuk selalu mencari pengrajin sera penyuluhan agar banyak masyarakat yang berpartisipasi.
F. RENCANA BISNIS
Target Bisnis :
Target Bisnis :
·
Membantu memfasilitasi pengrajin
dalam membuat kesenian untuk menjaga warisan leluhur.
·
Memberikan peluang
mengenai penggunaan penjualan bagi hasil kerajinan yang masyarakat buat.
·
Menjadikan perusahaan ini
sebagai pusat distributor penjualan yang menjadi sasaran konsumen dalam mencari
kesenian Indonesia
Strategi
Bisnis :
·
Tahap awal membuka bisnis ini dengan membuka
jaringan kerjasama yang luas dengan masyarakat umum dan media umum.
·
Memberikan promosi bagi
konsumen yang mau membeli produk ini agar lebih berkembang dan dikenal
·
Mengumpulkan pengrajin
professional
·
Menjalin kerjasama dengan
pengrajin professional di bidang seni seperti ; lukis, kalkir, jahit, dan lain
sebagainya.
·
Pelayanan yang nyaman
serta terpadu dengan mengoptimalkan kualitas produk ditunjang oleh komitmen
dalam masalah waktu yang sesuai dengan perjanjian.
·
Promosi bisnis yang terus
berkembang dengan membuka website yang dapat memfasilitasi konsumen untuk
mendapatkan segala informasi tentang perusahaan ini.
Resiko :
·
Resiko terbesar adalah dana awal lumayan besar,
mengingat modal tim terbatas
karna kami adalah seorang mahasiswa.
·
Menjamurnya pekerja seni yang abal-abal yang
mungkin akan merusak citra seni Indonesia.
·
Perubahan teknologi yang semakin cepat
sehingga para pengrajin juga harus lebih kreatif dan membriefing keinginan
konsumen.
Antisipasi Resiko
·
Kerjasama dengan tawaran
yang menarik.
·
Memperluas kerjasama.
·
Mencari tenaga ahli
dengan gaji sesuai.
G. TAWARAN
INVESTASI DAN KERJASAMA
1. Sistem Kerjasama
a. Penawaran Kerjasama
Kami Pihak Management Perusahaan “PT.PENGRAJIN GROUP” bermaksud menawarkan kerjasama kepada Para pengrajin yang selama ini telah bersusah payah menjaga warisan budaya dan kurang diperhatikan oleh pemerintah. Kami hadir sebagai wadah bagi bapak ibu sekalian
·
20 Seni Perbulan
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 75%.
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 75%.
·
>10 Seni Perbulan
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 70%.
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 70%.
·
<10 Seni Perbulan
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 65%.
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai pendistribusian, Kami percayakan kepada bapak dan ibu sekalian hasil Anda sebesar 65%.
2. Investasi modal :
Mencari para investor yang ingin menanamkan modal di perusahaan ini dengan memperoleh bagi hasil kompensasi laba di akhir periode tutup buku per akhir bulan atau per akhir tahun.
a. Data Finansial
Rancangan anggaran dana awal (modal) : Rp.40.000.000,00
Pinjaman : Rp. 60.000.000,00
Rp.100.000.000,00
b.Infrastruktur
Sewa Bangunan Office: Rp. 45.000.000,00
Komputer 6 buah; : Rp. 25.000.000,00
Kamera, dll. : Rp. 15.000.000,00
Rp. 85.000.000,00
c. Biaya operasional awal
Promosi Perusahaan : Rp. 5.000.000,00
Gaji Karyawan : Rp.10.000.000,00
Rp. 15.000.000,00
Sisa Rp. 0,00
c. Biaya operasional awal
Promosi Perusahaan : Rp. 5.000.000,00
Gaji Karyawan : Rp.10.000.000,00
Rp. 15.000.000,00
Sisa Rp. 0,00
H.
PENUTUP
Besar harapan kami tim dari PT. PENGRAJIN GROUP agar bapak dan ibu dapat ikut mengembangkan perusahaan dengan menanamkan modal nya.
Besar harapan kami tim dari PT. PENGRAJIN GROUP agar bapak dan ibu dapat ikut mengembangkan perusahaan dengan menanamkan modal nya.
Karena secara
tidak langsung kita sebagai warga Negara akan segera ikut membuat negeri
INDONESIA ini lebih berkelas lagi dimata dunia, tidak dipandang sebagai
pengekor budaya tetapi pelopor budaya.
Mari kita
bersama-sama merebut salah satu hak kemerdekaan yaitu Negara tersebut harus
dikenal oleh Negara lain.
0 komentar:
Posting Komentar